GILIYANG SYURGANYA DUNIA

GILIYANG SYURGANYA DUNIA

Di Jawa Timur tepatnya di kabupaten Sumenep Madura, kecamatan dungkek terdapat pulau kecil. Meskipun banyak pulau yang berada di Sumenep tetapi ada satu pulau yang memiliki kadar oksigen terbaik kedua di dunia setelah Yordania. Menurut hasil penelitian pemanfaatan sains dan iklim pada akhir 2006 lalu yang kemudian dilakukan kaji ulang pada tanggal 27 Desember 2011 lalu oleh BLH (Badan Lingkungan Hidup) Sumenep dan Jatim serta pihak Bappeda menunjukkan bahwa pulau Giliiyang mempunyai oksigen terbaik kedua di dunia.

Pulau Giliyang memiliki kadar oksigen sebesar   20,9% dengan level explosif limit (LEL) 05% dan setelah dikaji ulang pun hasilnya sama yakni oksigen pada pulau ini adalah antara 3,3 hingga 4,8 persen atau di atas normal. Jarak tempuh untuk menuju lokasi titik oksigen cukup jauh dari kota Sumenep, mungkin dapat diperkirakan satu jam atau bahkan lebih juga tergantung pada cuaca laut. Untuk dapat sampai ke tempat lokasi dapat menggunakan kendaraan bermotor menuju pelabuhan dungkek sumenep. Setelah sampai di Pelabuhan kita dapat langsung naik sampan nelayan yang sudah tersedia sambil menunggu kapal penuh.

Sampan tersebut bisa memuat  kendaraan bermotor dan sekitar 15 orang penumpang. Sesampainya di Pulau oksigen bisa langsung bertanya pada warga untuk menuju ke lokasi titik oksigen. Dari pelabuhan ke lokasi titik oksigen  adalah sekitar 5 km atau 10 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Di lokasi oksigen anda cukup membayar 3 ribu rupiah saja per orang dan sudah bisa menimati syurganya dunia, dimana secara sain akan mengelurkan racun beserta penyakit dalam tubuhmu. Tak terbayangkan hanya dengan uang 3000 anda sudah dapat menikmati kadar oksigen nomer dua se dunia.

Titik oksigen yang terletak di desa Bancamara, Dusun Baniting ini memang nampak sederhana dan terlihat biasa-biasa saja, namun tempat yang dijadikan salah satu destinasi wisata yang memiliki udara yang segar dengan pepohonan yang rindang di sekitar tempat lokasi tittik oksigen. Selain suasana yang menenngkan, juga ada vasilitas alakadarnya seperti toilet, kamar mandi dan lain sebagainya. Warga disekitar lokasi juga ada yang berjulan minuman dan makanan untuk isatawan yang datang berkunjung. Makanan yang dijual seperti rujak uleg dan air mineral beserta jajan lainnya.

Selain sebagai tujuan utama wisatawan baik dari lokal maupun wisatawan mancanegara, tempat ini juga cocok untuk dijadikan wisata kesehatan bagi penderita asma, gangguan pernapasan, paruparu dan juga stress. Udara yang sejuk dan serta suasana desa yang masih asri jauh dari polusi kota dan suara bising menambah suasana yang menenangkan serta cocok untuk anda yang ingin melakuan meditasi dan menghilangkan penat dari kebisingan kota. Apalagi anda luangkan waktunya untuk bermalam di titik oksigen, maka anda akan lebih merasakan sejuknya udara disetiap hembusan nafas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.